Deteksi Bencana Sosial Sejak Dini....
Tiada Hari Tampa Pengabdian

Mensos: Dana KUBE Menjadi Rp1 Triliun

Sosbud / Jumat, 27 Agustus 2010 23:48 WIB

link sumber asli

Metrotvnews.com, Karanganyar: Menteri Sosial Salim Seggaf Al Jufri berjanji akan menambah alokasi dana bantuan pemberdayaan masyarakat untuk kelompok usaha bersama menjadi Rp1 triliun pada 2011.

"Sekarang pemerintah baru bisa menyalurkan dana pemberdayaan untuk kelompok usaha bersama (KUBE) sekitar Rp400 miliar, jumlah yang sangat sedikit jika dibandingkan dengan masyarakat miskin di Indonesia," kata Salim Seggaf Al Jufri, seusai menyerahkan bantuan kepada KUBE di Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (27/8).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, masyarakat miskin di Indonesia jumlahnya masih cukup besar, yakni mencapai 31,2 juta jiwa. Jumlah itu akan semakin membengkak jika ditambah dengan masyarakat yang diambang miskin, yang penghasilan per harinya hanya Rp7.000 atau kurang.

"Jumlah kelompok ini hampir mencapai 76 juta jiwa. Jumlahnya yang sangat banyak," katanya.

Menurut Menteri Sosial, KUBE adalah bagian dari upaya pemerintah untuk memecahkan persoalan kemiskinan di Indonesia. Namun demikian program ini tidak akan berhasil tanpa komitmen dari pemerintah daerah dan masyarakat untuk sungguh-sungguh mengatasi kemiskinan di wilayah masing-masing.

Agar terbebas dari kemiskinan, segenap pihak harus melepaskan ego sektoral, ego kelompok, dan ego partai. "Kita harus kembali kepada jati diri bangsa, sebagai bangsa yang memiliki kesetiakawanan yang tinggi. Kesetiakawanan sekarang menjadi barang langka, karena itu kemiskinan kian menjadi-jadi," ujarnya.

Jika kesetiakawanan terjaga, tak seharusnya Indonesia memiliki lanjut usia telantar dengan jumlah yang sangat besar, mencapai 1,7 juta jiwa. "Sungguh sangat tidak adil mereka yang pada masa mudanya memberikan kontribusi yang besar kepada bangsa Indonesia, di saat tuanya telantar," ujarnya.

Namun, Mensos Salim Seggaf, mengingatkan perlunya peran masyarakat untuk turut mengawasi agar penyaluran KUBE tepat sasaran.(Ant/BEY)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

FK PSM Kota Sukabumi Team Penyusun : Bagus, Ujang, Irvan