Deteksi Bencana Sosial Sejak Dini....
Tiada Hari Tampa Pengabdian

INTEGRITAS DAN PENYULUHAN

INTEGRITAS DAN PENYULUHAN

Penyuluhan adalah perihal memberikan informasi, memotivasi dan mengajak orang banyak untuk menjalankan dan mencapai misi dan tujuan kemajuan. Dalam usaha mencapai tujuan ini, persatuan, kepercayaan, dan harga diri akan berkembang. Seorang penyuluh pasti akan membantu berkembangnya kualitas-kualitas ini, namun kegagalan membangun integitas akan meracuni semua kepercayaan antarsesama, dan mematahkan persatuan. Jika ada beragam kualitas penyuluhan, integritas hanyalah sebuah pertanyaan sederhana yang bisa dijawab dengan ya atau tidak ~~ Anda memiliki integritas atau tidak. Untuk alasan tersebut, seorang penyuluh haruslah menunjukkan standar integritas yang tertinggi.

KARAKTERISTIK INTEGRITAS

Berdasarkan pengalaman, dapatlah ditemukan bahwa penyuluhan membutuhkan skill kepemimpinan yang berintegritas menunjukkan sikap tulus dan konsisten, memiliki keteguhan hati dan karakter, dan merupakan seorang yang mampu bertahan sampai akhir.

- Ketulusan

Ketulusan adalah perilaku tanpa kepura-puraan dan kesan yang palsu. Pemimpin atau seorang penyuluh yang berintegritas bersikan tulus ~~ tindakan mereka sesuai dengan perkataan. Semakin sejalan perilaku seorang penyuluh dengan perkataannya, semakin setia para pengikut, baik dalam mengikuti anjuran maupun mengikuti tujuan besar yang ingin dicapai bersama.

- Konsistensi

Satu perbuatan nyata yang mencerminkan integritas akan meninggalkan kesan, namun perilaku seorang penyuluh haruslah konsisten jika ingin berhasil membentuk suatu tim yang solid. Pada kenyataannya, integritas bersifat imperatif karena secuil pelanggaran saja terhadap integritas akan dapat meninggalkan cakar permanen. Para penyuluh haruslah konsisten dalam menjalankan standar kedisiplinan. Seorang penyuluh yang mendiskriminasi, dengan menggunakan hubungan pertemanan untuk menentukan responnya terhadap pelanggaran kedisiplinan, memiliki masalah integritas yang serius. Tak ada yang dapat menghancurkan moral seefektif menghukum seorang seberat-beratnya karena melakukan pelanggaran serius, namun membiarkan seorang yang melakukan kesalahan serupa. Penyuluh semestinya mempraktikkan apa yang mereka ajarkan, dan menetapkan standar dengan adil. Kesemuannya ini dibutuhkan untuk terwujudnya disiplin, moral, dan pencapaian misi.

- Keteguhan Hati

Untuk menjadi seorang pemimpin dalam suatu kegiatan penyuluhan, anda harus memiliki lebih dari sekadar citra diri (image) yang berintegritas ~~ Anda harus memiliki keteguhan hati. Penyuluh yang integritasnya lemah tidak bisa membangun tim yang solid dan mampu bertahan dalam situasi yang penuh tantangan

- Menjadi Seorang yang Mampu Bertahan Hingga Akhir

Yang terakhir, seorang penyuluh dapat menunjukkan integritasnya dengan melaksanakan tugas sebaik mungkin, terlepas dari seberapa penting tugas itu atau siapa yang akan mendapat pujian. Inilah sikap teladan dari kesetiaan terhadap pekerjaaan, suatu integritas yang harus dimiliki setiap pemimpin atau seorang penyuluh.

MEMBANGUN INTEGRITAS

Tindakan seorang yang selalu menunjukkan integritas, dan kebiasaan seorang individu akan menjadi cara hidupnya. Dan karena suatu tim cenderung hanya menerima kepribadian kepemimpinan mereka, integritas harus dibangun dari jajaran atas. Perilaku tak jujur ibarat sel kanker yang menggerogoti serat moral tim, terutama jika perilaku itu ditolelir oleh sang pemimpin tim penyuluhan, baik secara tersurat maupun tersirat. Pelanggaran terhadap integritas dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti rasa takut gagal, malu, arogansi, atau hanya kemalasan belaka. Pemimpin yang baik mengakui kesalahan dan bertanggaung jawab terhadap tindakannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

FK PSM Kota Sukabumi Team Penyusun : Bagus, Ujang, Irvan